CERITAJUDI: Mengapa Saya Merasa Ada yang Mengawasi Saya?

Spyware adalah salah satu ancaman internet yang paling cepat berkembang. Menurut Aliansi Keamanan Siber Nasional, spyware menginfeksi lebih dari 90% dari semua PC saat ini. Program jahat yang tidak mencolok ini dirancang untuk menerobos firewall dan perangkat lunak anti-virus secara diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna. Setelah tertanam di komputer, program-program ini dapat mengganggu kinerja sistem sambil mengumpulkan informasi pribadi Anda. Untungnya, tidak seperti virus dan worm, program spyware biasanya tidak dapat mereplikasi dirinya sendiri.

Dari mana asalnya?

Biasanya, spyware berasal dari tiga cara. Cara pertama dan paling umum adalah ketika pengguna menginstalnya. Dalam skenario ini, spyware disematkan, dilampirkan, atau dibundel dengan program freeware atau shareware tanpa sepengetahuan pengguna. Pengguna mengunduh program ke komputer mereka. Setelah diunduh, program spyware mulai bekerja mengumpulkan data untuk penggunaan pribadi pembuat spyware atau untuk dijual ke pihak ketiga. Waspadalah terhadap banyak program berbagi file P2P. Mereka terkenal sebagai tempat mengunduh program mata-mata.

Pengguna program yang dapat diunduh harus memberi perhatian ekstra pada perjanjian lisensi yang menyertainya. Sering kali penerbit perangkat lunak akan memperingatkan pengguna bahwa program mata-mata akan terinstal bersama dengan program yang diminta. Sayangnya, kita tidak selalu meluangkan waktu untuk membaca cetakan kecilnya. Beberapa perjanjian mungkin menyediakan kotak “opt-out” khusus yang dapat diklik pengguna untuk menghentikan spyware agar tidak disertakan dalam unduhan. Pastikan untuk meninjau dokumen tersebut sebelum menyetujui pengunduhan.

Cara lain spyware dapat mengakses komputer Anda adalah dengan menipu Anda untuk memanipulasi fitur keamanan yang dirancang untuk mencegah instalasi yang tidak diinginkan. Peramban Web Internet Explorer dirancang untuk tidak mengizinkan situs web memulai unduhan yang tidak diinginkan. Itulah sebabnya pengguna harus memulai pengunduhan dengan mengeklik sebuah tautan. Tautan-tautan ini dapat menipu. Sebagai contoh, sebuah pop-up yang dimodelkan seperti kotak dialog standar Windows mungkin muncul di layar Anda. Pesan tersebut mungkin menanyakan apakah Anda ingin mengoptimalkan akses internet Anda. Pesan tersebut menyediakan tombol jawaban ya atau tidak, tetapi apa pun tombol yang Anda tekan, pengunduhan program spyware akan dimulai. Versi Internet Explorer yang lebih baru sekarang membuat jalur spyware ini sedikit lebih sulit.

Terakhir, beberapa aplikasi spyware menginfeksi sistem dengan menyerang celah keamanan pada peramban Web atau perangkat lunak lain. Ketika pengguna menavigasi ke halaman web yang dikendalikan oleh pembuat spyware, halaman tersebut berisi kode yang dirancang untuk menyerang peramban, dan memaksa penginstalan program spyware.

Apa yang dapat dilakukan oleh program spyware?

Program spyware dapat melakukan banyak tugas berbahaya. Beberapa tindakannya hanya mengganggu pengguna; yang lainnya bisa sangat agresif.

Spyware bisa:

  1. Memantau penekanan tombol Anda untuk tujuan pelaporan.
  2. Memindai file yang ada di hard drive Anda.
  3. Mengintip melalui aplikasi di desktop kami.
  4. Menginstal program mata-mata lain ke dalam komputer Anda.
  5. Membaca cookie Anda.
  6. Mencuri nomor kartu kredit, kata sandi, dan informasi pribadi lainnya.
  7. Mengubah pengaturan default pada browser web halaman beranda Anda.
  8. Bermutasi menjadi spyware generasi kedua sehingga lebih sulit diberantas.
  9. Menyebabkan komputer Anda berjalan lebih lambat.
  10. Menayangkan iklan pop up yang mengganggu.
  11. Menambahkan tautan iklan ke halaman web yang pembuatnya tidak dibayar. Sebaliknya, pembayaran diarahkan ke pemrogram spyware yang mengubah pengaturan afiliasi asli.
  12. Tidak memberi pengguna opsi untuk menghapus instalasi dan menempatkan dirinya di tempat yang tidak terduga atau tersembunyi di dalam komputer Anda sehingga sulit untuk dihapus.

Contoh Spyware

Berikut ini beberapa contoh program spyware yang umum ditemukan. Harap diperhatikan bahwa meskipun para peneliti akan sering memberikan nama untuk program spyware, nama tersebut mungkin tidak sama dengan nama yang digunakan oleh pembuat spyware.

CoolWebSearch, sebuah kelompok program yang menginstal melalui “lubang” di Internet Explorer. Program-program ini mengarahkan lalu lintas ke iklan di situs Web termasuk coolwebsearch.com. Intrusi spyware ini menampilkan iklan pop-up, menulis ulang hasil mesin pencari, dan mengubah file host komputer untuk mengarahkan Domain Name System (DNS) untuk mencari situs yang telah dipilih sebelumnya.


Pengoptimal Internet (a/k/a DyFuCa), suka mengalihkan halaman kesalahan Internet Explorer ke iklan. Ketika pengguna mengikuti tautan yang rusak atau memasukkan URL yang salah, sebuah halaman iklan akan muncul.


180 Solutions melaporkan informasi yang luas kepada pengiklan tentang situs Web yang Anda kunjungi. Hal ini juga mengubahpermintaan HTTP untuk iklan afiliasi yang ditautkan dari situs Web. Oleh karena itu, 180 Solutions Company menghasilkan keuntungan yang tidak diperoleh dari klik melalui iklan yang telah mereka ubah.


HuntBar (a/k/a WinTools) atau Adware.Websearch, didistribusikan oleh Traffic Syndicate dan diinstal oleh unduhan ActiveX drive-by di situs web afiliasi atau melalui iklan yang ditampilkan oleh program spyware lainnya. Ini adalah contoh utama bagaimana spyware dapat menginstal lebih banyak spyware. Program-program ini akan menambahkan bilah alat ke Internet Explorer, melacak perilaku penjelajahan Web, dan menampilkan iklan.

Bagaimana cara mencegah spyware?


Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah spyware menginfeksi sistem komputer Anda. Pertama, berinvestasilah pada program anti-spyware komersial yang andal. Ada beberapa yang saat ini ada di pasaran termasuk paket perangkat lunak yang berdiri sendiri seperti Ad-Aware Lavasoft atau Windows Antispyware. Pilihan lain menyediakan perangkat lunak anti-spyware sebagai bagian dari paket anti-virus. Jenis opsi ini ditawarkan oleh perusahaan seperti Sophos, Symantec, dan McAfee. Program anti-spyware dapat memerangi spyware dengan menyediakan perlindungan waktu nyata, pemindaian, dan penghapusan perangkat lunak spyware yang ditemukan. Seperti kebanyakan program, perbarui perangkat lunak anti-virus Anda sesering mungkin.

Seperti yang telah dibahas, Internet Explorer (IE) sering kali menjadi penyumbang masalah spyware karena program spyware suka melampirkan diri pada fungsionalitasnya. Spyware suka melewati kelemahan IE. Karena itu, banyak pengguna yang beralih ke peramban non-IE. Namun, jika Anda lebih memilih untuk tetap menggunakan Internet Explorer, pastikan untuk memperbarui tambalan keamanan secara teratur, dan hanya mengunduh program dari sumber yang memiliki reputasi baik. Ini akan membantu mengurangi peluang Anda untuk disusupi spyware.
.
Dan, ketika semuanya gagal?
Terakhir, jika komputer Anda telah terinfeksi sejumlah besar program spyware, satu-satunya solusi yang mungkin Anda miliki adalah mencadangkan data Anda, dan melakukan penginstalan ulang sistem operasi secara menyeluruh.

Scroll to Top