CERITAJUDI: Menemukan Paket Keamanan yang memenuhi kebutuhan Anda

Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, penting bagi kami untuk menjelaskan sesuatu di depan. Penting bagi pembaca untuk memahami dan menghargai bahwa tidak ada yang namanya sistem operasi atau peramban web yang aman. Meskipun penggunaan paket keamanan dan produk pelengkap lainnya dapat secara signifikan mengurangi risiko Anda, mereka bukanlah tongkat ajaib yang dapat Anda lambaikan untuk menghilangkan 100% risiko Anda. Produk apa pun yang mengklaim bisa melakukan hal ini harus dilihat dengan penuh keraguan.

Dengan demikian, mari kita bahas tentang keamanan komputer dan paket keamanan. Ada banyak cara di mana keamanan komputer Anda dapat dibobol. Ancaman yang paling umum datang dari worm, virus, Trojan, phishing, peretas, dan cracker. Potensi pelanggaran keamanan dapat berupa mengunduh lampiran email yang tidak dikenal, dipantau oleh spyware, diserang malware, atau diselidiki melalui pemindaian port.

Dshield.org (www.dshield.org), sebuah perusahaan nirlaba, berfungsi sebagai “mesin korelasi lampiran yang mendominasi dengan cakupan di seluruh dunia”. Singkatnya, mereka bekerja dengan orang-orang dan perusahaan-perusahaan untuk melacak, antara lain, pelanggaran pemindaian port. Pemindaian port melibatkan seseorang (disebut sebagai peretas atau cracker) yang mencoba masuk ke komputer Anda melalui port yang terbuka di sistem Anda. Setelah port terbuka ditemukan, orang tersebut berusaha mengumpulkan data pribadi Anda atau menginstal program malware ke dalam komputer Anda. Rata-rata, Dshield.org mencatat lebih dari 1,1 miliar percobaan pemindaian port yang dilaporkan setiap bulannya. Yang lebih menakutkan lagi adalah bahwa ini hanya berdasarkan pada peserta program mereka. Bisa dibayangkan berapa banyak lagi insiden yang terjadi setiap bulannya pada populasi umum pengguna komputer.

Dshield.org juga melaporkan tentang waktu bertahan hidup. Waktu bertahan mengacu pada berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum PC yang belum ditambal diserang atau terinfeksi. Di bawah ini adalah cuplikan kerusakan sistem operasi mereka saat ini:

Kerusakan OS saat ini

Category%Adjusted Survival Time
Windows27.0000128 min
Unix0.50003648 min
Application3.00001203 min
P2P1.50001591 min
Backdoor0.50005432 min
Source:  Dshield.org – Survival Time History (11/8/05)

Singkatnya, jika Anda memiliki sistem operasi berbasis Windows dan PC yang belum ditambal, Anda akan diserang atau terinfeksi dalam waktu lebih dari 2 jam. Jika dilihat dari segi ini, mengamankan komputer Anda menjadi sebuah misi.

Berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk segera melindungi komputer Anda.

  1. Jangan jalankan program yang tidak dikenal di komputer Anda.
    Kedengarannya masuk akal, tetapi banyak serangan yang paling menonjol melibatkan spyware dan worm lampiran email seperti Bagle dan Netsky. Jika Anda tidak mengenali pengirimnya, jangan mengunduh lampirannya.
  2. Jangan izinkan akses fisik yang tidak terbatas ke komputer Anda.
    Jika Anda memiliki informasi sensitif atau hak milik di komputer Anda, mengizinkan karyawan lain atau anggota keluarga untuk menggunakan komputer Anda dapat menyebabkan potensi pelanggaran keamanan komputer Anda.
  3. Jangan gunakan kata sandi yang lemah.
    Gunakan kata sandi yang sulit ditebak oleh orang lain. Orang sering menggunakan nama anak, hewan peliharaan, tanggal hari jadi, atau ulang tahun. Karena tampaknya ada kata sandi yang diperlukan untuk semua hal, tidak jarang kita melihat banyak orang menggunakan kata sandi yang sama untuk semua hal. Kesalahan besar! Penggunaan hanya satu kata sandi memberi peretas akses mudah ke banyak sekali informasi pribadi. Jika Anda harus menuliskan kata sandi Anda, yang terbaik adalah tidak meninggalkannya di kertas tempel yang ditempelkan pada layar komputer Anda. Anda mungkin tertawa karena absurditasnya, tetapi hal ini sering terjadi lebih dari yang Anda kira.
  4. Jangan lupa untuk menambal sistem operasi dan aplikasi lainnya secara teratur.
    Banyak pakar industri percaya bahwa sebagian besar serangan keamanan jaringan akan terhenti jika pengguna komputer mau memperbarui komputer mereka dengan patch dan perbaikan keamanan. Terlalu sering, kita lupa melakukan ini secara teratur. Ingatlah bahwa setiap hari, virus, worm, dan Trojan baru dibuat dan didistribusikan. Mereka mencari kelemahan dalam sistem komputer Anda. Memiliki perangkat lunak yang sudah ketinggalan zaman pada dasarnya sama saja dengan membiarkan pintu terbuka dan mengundang mereka untuk berkunjung.
  5. Jangan lupa membuat cadangan data penting secara teratur
    Selalu simpan salinan file penting pada media yang dapat dipindahkan seperti disket/ZIP atau disket CD-ROM yang dapat direkam. Simpan cadangan di lokasi yang terpisah dari komputer.

Pada umumnya, kata sandi desktop dan screen-saver Windows memberikan perlindungan yang memadai untuk masalah keamanan normal. Namun, jika Anda merasa lebih nyaman untuk mengambil tindakan keamanan tambahan, pertimbangkan untuk membeli paket keamanan yang komprehensif.

Memilih Perangkat Lunak Antivirus


Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana Anda memilih produk terbaik untuk kebutuhan Anda? Anda bisa mulai dengan mengajukan serangkaian pertanyaan kepada diri sendiri. Apakah Anda memerlukan perlindungan kata sandi untuk file individual, desktop, jaringan, atau untuk memblokir akses seseorang ke Internet? Apakah komputer Anda hanya digunakan oleh Anda sendiri atau ada beberapa pengguna yang memiliki akses ke komputer tersebut? Berapa banyak pengguna secara keseluruhan yang Anda harapkan di komputer Anda? Apa saja kebutuhan sistem Anda? Berapa banyak yang ingin Anda keluarkan?

Setelah Anda mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda bisa mulai mencari tahu paket keamanan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Ulasan produk dan pernyataan pengguna memberikan titik awal yang bagus. PCMagaine (www.pcmag.com), Zdnet.com (www.zdnet.com), dan Consumer Reports (www.consumerreports.org) hanyalah beberapa situs informatif yang menawarkan penelitian tentang berbagai produk perangkat lunak komputer.

Ada banyak paket keamanan yang tersedia di pasaran. Luangkan waktu untuk memilih salah satu yang memenuhi kebutuhan spesifik Anda. Sebagai titik awal, kami telah membuat daftar beberapa program yang lebih populer:

  1. Kaspersky Personal Security Suite
    Deskripsi: Paket program perlindungan komprehensif yang dirancang untuk melindungi dari worm, virus, spyware, adware, dan program jahat lainnya. Program ini menawarkan lima tingkat keamanan yang telah ditentukan sebelumnya dan nyaman bagi pengguna seluler. Persyaratan sistem: Window 98/2000/XP; Internet Explore 5.0 atau lebih tinggi, Memori: minimal 64 MB RAM, 100 MB kosong pada hard drive.
  2. Perisai Deluxe 2005
    Deskripsi: Program ini memberikan perlindungan dari virus, adware, spyware, dan ancaman privasi dengan menggunakan sumber daya sistem yang sangat rendah. Selain itu, pembuatnya, PC Security Shield menawarkan dukungan teknis gratis yang berkelanjutan. Persyaratan sistem: Windows 98 atau lebih tinggi, WinNT, WinXP, WinME; Internet Explorer 5.1 atau lebih tinggi, Memori: Ram 32MB atau lebih tinggi, ruang disk kosong 65 MB.

Scroll to Top