CERITAJUDI: Mari Bertukar Pikiran untuk Konten

Apa yang akan Anda tulis? Ini haruslah topik yang Anda sukai atau setidaknya Anda minati. Jika Anda telah memilih blogging sebagai karier baru Anda, maka Anda tidak ingin menyiksa diri Anda sendiri dengan menulis tentang sesuatu yang tidak Anda minati, jika tidak, lebih baik Anda kembali ke pekerjaan biasa yang baru saja Anda tinggalkan!

Perasaan dan emosi akan terlihat dalam tulisan Anda, sehingga pembaca Anda akan melihat ketidakpedulian Anda pada topik-topik tertentu yang menurut Anda membosankan. Jangan lupa saran tentang menulis dengan kepribadian. Menulis karena terpaksa tidak akan memantapkan Anda di dunia blog sama sekali.

Setelah Anda memilih tema utama Anda – atau jika tema tersebut dipilihkan untuk Anda, lebih baik lagi – mulailah memposting ke blog Anda dan cobalah untuk membiasakan diri melakukannya setidaknya sekali setiap hari. Tidak selalu harus berupa tulisan panjang; bisa juga berupa komentar tentang sesuatu yang Anda baca di koran hari ini atau segmen yang Anda lihat di program berita sarapan di TV. Bayangkan diri Anda sebagai sebuah kapal kontainer raksasa, yang membutuhkan banyak usaha untuk bergerak. Pada awalnya, Anda hanya akan bergerak satu atau dua kaki dan kemudian Anda akan berjalan dengan susah payah hingga mencapai kecepatan penuh. Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan membutuhkan banyak usaha untuk menghentikannya!

Namun demikian, terlepas dari seberapa baik Anda mengetahui topik Anda, Anda akan kehabisan masukan baru pada suatu saat, jadi mari kita lihat beberapa ide curah pendapat konten.

1) Lihatlah apa yang dikatakan oleh blogger lain tentang keadaan terkini di bidang diskusi Anda. Anda bisa menemukan blog terkait dengan mengunjungi http://blogsearch.google.com/ atau http://www.technorati.com. Anda akan belajar dari blog lain dan Anda juga dapat mengomentari apa yang dikatakan orang lain di blog Anda sendiri!

2) Setelah Anda menjalin kontak dengan blogger lain, Anda akan mendapatkan masukan yang hampir tak ada habisnya untuk membuat Anda bertahan untuk sementara waktu, sehingga tidak akan ada kebutuhan mendesak untuk mencari konten untuk ditulis. Jika Anda masih buntu, maka Anda bisa mencari artikel berita yang berhubungan dengan niche Anda di koran lokal atau online.

3) Dengan bergabung dengan beberapa forum yang terkait dengan niche Anda – pilih saja yang paling fokus pada bidang tertentu – Anda dapat terlibat dalam percakapan dengan orang lain yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk membangun bank tanya jawab dan topik diskusi yang menarik untuk ditulis. Bonus tambahannya adalah postingan forum Anda akan dengan mudah menghasilkan lalu lintas untuk blog Anda dan, mudah-mudahan, keuntungan.

Cobalah untuk mempertahankan kebiasaan posting harian Anda. Mesin pencari utama menyukai konten yang segar dan mereka lebih cenderung untuk sering menjelajahi blog Anda, yang juga akan menghasilkan lalu lintas tambahan untuk Anda.

Topik lalu lintas akan dibahas dalam artikel mendatang, jadi jangan khawatir tentang hal itu sekarang. Teruslah menulis dan memposting dan bangun momentum itu – Anda akan menjadi blogger yang mapan sebelum Anda menyadarinya!

Scroll to Top